PEMERINTAH DESA

Nama Pegawai Pemerintah Desa Puntik Dalam sebagai berikut :

1 Kepala Desa Sutrisno
2 Sekretaris Desa Zaiqu Rahman Wahidy, S.Pd
3 Kaur TU dan Umum  Perencanaan Yudiansyah Pratama
4 Kaur Keuangan Hendri Firdaus
5 Kasi Kesejahteraan & Pelayanan Dwi Hening Rahayu
6 Kasi Pemerintahan Budiar, S.Pd I
7 Staf Desa Kiki Andriani S.Pd
Siti Zubaidah
SUTRISNO
KEPALA DESA

Tugas dan Fungsi Kepala Desa

  • Kepala Desa bertugas menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa,
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Desa berwenang:
    • memimpin penyelenggaraan pemerintahan Desa;
    • mengangkat dan memberhentikan Perangkat Desa;
    • memegang kekuasaan pengelolaan keuangan dan aset Desa;
    • menetapkan Peraturan Desa;
    • menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa;
    • membina kehidupan masyarakat Desa;
    • membina ketenteraman dan ketertiban masyarakat Desa;
    • membina dan meningkatkan perekonomian Desa serta mengintegrasikannya agar mencapai perekonomian skala produktif untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat Desa;
    • mengembangkan sumber pendapatan Desa;
    • mengusulkan dan menerima pelimpahan sebagian kekayaan negara guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa
    • mengembangkan kehidupan sosial budaya masyarakat Desa;
    • memanfaatkan teknologi tepat guna; dan
    • mengkoordinasikan pembangunan Desa secara partisipatif ;
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Desa berhak:
    • mengusulkan struktur organisasi dan tata kerja pemerintah Desa;
    • mengajukan rancangan dan menetapkan Peraturan Desa;
    • menerima penghasilan tetap setiap bulan, tunjangan, dan penerimaan lainnya yang sah serta mendapat jaminan kesehatan; dan
    • mendapatkan bantuan hukum atas kebijakan yang dilaksanakan.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Desa berkewajiban :
  • memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undan-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika;
  • meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa;
  • memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat Desa;
  • menaati dan menegakkan peraturan perundang-undangan;
  • melaksanakan kehidupan demokrasi dan berkeadilan gender;
  • melaksanakan prinsip tata pemerintahan Desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif dan efisien, bersih, serta bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme;
  • menjalin kerja sama dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di Desa;
  • menyelenggarakan administrasi Pemerintahan Desa yang baik;
  • mengelola Keuangan dan Aset Desa;
  • melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Desa;
  • menyelesaikan perselisihan masyarakat di Desa;
  • mengembangkan perekonomian masyarakat Desa;
  • membina dan melestarikan nilai sosial budaya masyarakat Desa;
  • memberdayakan masyarakat dan lembaga kemasyarakatan di Desa;
  • mengembangkan potensi sumber daya alam dan melestarikan lingkungan hidup; dan
  • memberikan informasi kepada masyarakat Desa.

ZAIQU RAHMAN WAHIDY, S.Pd
SEKRETARIS DESA

Tugas dan Fungsi Sekretaris Desa

  • Sekretaris Desa merupakan unsur pimpinan sekretariat desa yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Desa.
  • Sekretaris Desa mempunyai tugas pokok membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan

Pasal 9

  • Sekretaris Desa mempunyai tugas merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, mengatur, mengkoordinasikan, mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaraan tugas kesekretariatan, meliputi urusan perencanaan dan pelaporan, urusan keuangan, urusan adminsitrasi umum, dan memberikan pelayanan administratif kepada Kepala Desa.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris Desa mempunyai fungsi :
  • Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi
  • Melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum
  • Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya
  • Melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan
  • melaksanakan tugas dan fungsi Kepala Desa apabila Kepala Desa berhalangan dalam melakukan tugasnya; dan
  • melaksanakan dan melaporkan pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Desa
  • Selain melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris Desa selaku Kordinator Pelaksana Teknis Pengelola Keuangan Desa, bertugas :
    • Menyusun dan melaksanakan kebijakan pengelolaan APBDesa;
    • Menyusun Rancangan Peraturan Desa tentang APBDesa, perubahan APBDesa dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDesa;
    • Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan dalam APBDesa;
    • Menyusun pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDesa;
    • Melakukan verifikasi terhadap bukti bukti penerimaan dan pengeluaran APBDesa.

YUDIANSYAH PRATAMA
KAUR TU UMUM DAN PERENCANAAN

Tugas dan Fungsi Kepala Urusan TU Umum dan Perencanaan

  • Kepala urusan tata usaha dan umum bertugas membantu Sekretaris Desa dalam melaksanakan urusan ketatausahaan seperti :
    • tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi, dan penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.
  • Untuk melaksanakan tugas kepala urusan tata usaha dan umum mempunyai fungsi :
  • Pelaksanaan, Pengendalian dan Pengelolaan surat masuk dan surat keluar serta tata kearsipan;
  • Pelaksanaan urusan Perjalanan dinas dan rumah tangga pemerintah desa;
  • melaksanakan pencatatan inventarisasi kekayaan Desa/Aset Desa;
  • melaksanakan      pengelolaan      tata      usaha personalia aparat desa;
  • melaksanakan pengelolaan presensi;
  • pelaksanaan pengelolaan administrasi umum;
  • melaksanakan penyediaan, penyimpanan dan pendistribusian alat tulis kantor serta pemeliharaan dan perbaikan peralatan kantor;
  • mengelola administrasi kepegawaian;
  • memberikan pelayanan administratif kesekretariatan;
  • Penyelenggaraan rapat rapat dan upacara;
  • mengusulkan    kursus,    bimbingan    teknis, pendidikan pelatihan, dan lain-lain yang berhubungan dengan peningkatan kapasitas Pemerintah Desa;
  • mempersiapkan bahan bahan laporan baik secara notulen rapat maupun bentuk bentuk laporan lainnya yang menjadi kewenangan desa;
  • melaksanakan dan melaporkan tugas – tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan
  • Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum dalam melaksanaan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dibantu oleh

       Staf Pengelola Barang/Aset Desa.

  • Pengelola Barang sebagaimana dimaksud pada ayat (3) mempunyai fungsi :
    • Mengajukan rencana kebutuhan asset desa;
    • Mengajukan permohonan penetapan penggunaan asset desa yang diperoleh dari beban APBDesa dan perolehan lainnya yang sah;
    • inventarisasi   data,   mengatur   penggunaan, pemeliharaan  dan  pengurusan  tanah  desa, bangunan desa, dan barang inventaris desa
    • Melakukan inventarisasi asset desa dalam buku inventaris asset desa;
    • Mengamankan dan memelihara asset desa;
    • Menyusun dan menyampaikan laporan asset desa; dan
    • menyiapkan usulan penghapusan barang milik desa yang rusak atau tidak dipergunakan lagi; dan
    • melaksanakan    pemantauan    dan    evaluasi pelaksanaan perubahan kekayaan desa
  • Kepala Urusan Perencanaan bertugas  membantu Sekretaris  Desa dalam mengoordinasikan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.
    • Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Urusan Perencanaan mempunyai fungsi:
  • Mengikuti, mempersiapkan dan menganalisa bahan bahan kajian perkembangan ekonomi masyarakat yang meliputi pertanian, perindustrian, koperasi dan lembaga ekonomi lainnya yang tumbuh dan berkembang di masyarakat;
  • Mempersiapkan data guna penyusunan dan perhitungan APB Desa;
  • Menghimpun, menganalisa dan mempersiapkan bahan pengembangan potensi desa
  • Mempersipakan bahan / data data dalam rangka pembangunan
  • Melakukan monitoring dan evaluasi program
  • melaksanakan dan melaporkan pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan

PELAKSANA TEKNIS

Pelaksana Teknis bertugas  membantu Kepala Desa sebagai pelaksana operasional dan berkedudukan di bawah Kepala Desa;

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Pelaksana Teknis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bertanggung jawab kepada Kepala Desa

BUDIAR, S.Pd I
KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN

Tugas dan Fungsi Kepala Seksi Pemerintahan

  • Kepala seksi pemerintahan mempunyai fungsi melaksanakan manajemen tata praja Pemerintahan, menyusun rancangan regulasi desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah, serta pendataan dan pengelolaan Profil Desa.
  • Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi : 1). Melaksanakan administrasi dan pemutakhiran data penduduk;
    1. Mempersiapkan bahan bahan untuk penyusunan Rancangan Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa dan Keputusan Kepala Desa;
    2. Melaksanakan administrasi pertanahan;
    3. Melaksanakan kegiatan dan penyusunan profil desa;
    4. Mempersiapkan bahan bahan dan melaksanakan kegiatan penataan kelembagaan masyarakat bagi kelancaran penyelenggaraan pemerintah desa;
    5. Mempersiapkan bahan bahan dan agenda untuk penyelenggaraan rapat BPD
    6. Mempersiapkan bahan bahan dan melaksanakan kegiatan kemasyarakatan yang berhubungan dengan upaya menciptakan ketertiban dan perlindungan masyarakat
    7. Memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kependudukan; dan
    8. Melaksanakan dan melaporkan pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.
DWI HENING RAHAYU
KASI KESEJAHTERAAN DAN PELAYANAN

Tugas dan Fungsi Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan

  • Kepala seksi kesejahteraan mempunyai tugas pokok melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan, pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, dan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.
    • Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Kesejahteraan mempunyai fungsi:
  • melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan pembangunan sarana prasarana desa, pendidikan, dan kesehatan;
  • mengelola sarana dan prasarana perekonomian masyarakat desa dan sumber-sumber pendapatan desa;
  • mengoordinasikan  kegiatan  pemberdayaan  masyarakat  sesuai  bidang tugasnya;
  • mengembangkan sarana prasarana pemukiman warga;
  • perencanaan  dan  pelaksanaan  kegiatan di bidang pemuda, olahraga, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak;
  • meningkatkan  peran  serta  masyarakat  dalam  pelestarian  lingkungan hidup; dan
  • melaksanakan dan melaporkan pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.
  • Kepala seksi pelayanan memiliki fungsi melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, meningkatkan upaya partisipasi masyarakat, pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan
  • Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Pelayanan mempunyai fungsi :
  1. perencanaan dan mengaktifkan pelaksanaan kegiatan keagamaan;
    1. perencanaan dan pelaksanaan  kegiatan di bidang sosial;
    2. perencanaan dan pelaksanaan  kegiatan pendidikan dan kebudayaan;
    3. perencanaan dan pelaksanaan   kegiatan di bidang kesejahteraan dan kesehatan masyarakat;
    4. melaksanakan   fungsi   kehumasan   Pemerintah Desa
    5. pelaporan dan evaluasi kegiatan pelayanan; dan
    6. pengoordinasian  kegiatan  pemberdayaan  masyarakat  sesuai  bidang tugasnya.
    7. melaksanakan dan melaporkan pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

SITI ZUBAIDAH
STAF DESA
KIKI ANDRIANI, S.Pd
STAF DESA

Tugas dan Fungsi Staf Desa

Membantu Tugas Kepala Urusan dan Kepala Seksi di Desa